Pangsa pasar Indonesia saat ini didominasi oleh merek smartphone asal Tiongkok. Dominasi smartphone asal Tiongkok termasuk Xiaomi saat ini telah mengubah lansekap industri smartphone Indonesia selama satu dekade terakhir.
Laporan Canalys di Q1 2018, menunjukkan Xiaomi menduduki posisi kedua pangsa pasar di Indonesia (18.3 persen) menyusul di bawahnya Oppo (16.8 persen) dan Vivo (6.5 persen).
Baru-baru ini pun IDC merilis tren pangsa pasar smartphone di Indonesia untuk Q2 2018 dengan hasil Xiaomi (27 persen) masih menduduki posisi kedua pangsa pasar smartphone Indonesia, artinya Xiaomi masih menjadi 'raja' smartphone Tiongkok di Indonesia.
Smartphone asal Tiongkok kini dipercaya memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan merek buatan negara lain, ditambah harga yang lebih terjangkau. Kualitas dan harga yang terjangkau inilah yang memberikan tempat lebih banyak bagi produsen asal Tiongkok di pangsa pasar Indonesia.
Namun dominasi Xiaomi nampaknya akan segera 'terusik' dengan kehadiran Realme di pasar Indonesia. Sebagai gambaran, Realme saat ini tengah menjadi perhatian di pasar Asia setelah memperoleh hasil positif untuk penjualan dua smartphone-nya, Realme 1 dan Realme 2 di India.
No comments:
Post a Comment