PBN BERITA HARI INI - BERITA TERBARU & TERKINI

Berita Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Sepak Bola, Teknologi, Otomotif, Artis di Indonesia dan Dunia.

LightBlog

06 August 2018

Google Berencana Masuk Lagi ke China

Google Berencana Masuk Lagi ke China
Foto: Getty Images


Jakarta - Google berencana menghadirkan lagi mesin pencariannya di China. Tetapi, versi ini akan hadir dengan hasil pencarian yang menyensor beberapa keyword dan topik sensitif sesuai permintaan pemerintah China. 

Berdasarkan laporan seorang whistleblower yang dikutip dari The Verge, Senin (6/8/2018), Google telah mengembangkan mesin pencari yang disensor di bawah nama kode 'Dragonfly' sejak awal 2017. 

Mesin pencari ini dikembangkan sebagai aplikasi untuk smartphone Android yang memiliki pangsa pasar sebesar 80% di China. Mesin pencari ini akan memblokir pencarian sensitif dan menyaring situs yang dilarang oleh sensor web China, seperti Wikipedia dan BBC News

Hasil pencarian yang disensor akan meliputi seluruh platform pencarian, termasuk pencarian gambar, pemeriksa ejaan, dan suggested search. 

Tetapi, untuk mesin pencari Google dapat hadir di China, mereka harus melewati beberapa rintangan seperti pesetujuan dari pemerintah China dan keyakinan Google bahwa mesin pencarinya lebih baik dibandingkan mesin pencari utama di China, Baidu. 

Internet di China sendiri disensor ketat dengan adanya 'Great Firewall' yang melarang warganya untuk mengakses banyak situs. Selain itu, informasi mengenai topik seperti agama, kejahatan polisi, kebebasan berpendapat, dan demokrasi disaring dengan hebat.

Bahkan, topik spesifik yang sensitif seperti protes di Lapangan Tiananmen tahun 1989 dan kemerdekaan Taiwan disensor sepenuhnya oleh pemerintah China. 

Mesin pencari Google yang disensor sebelumnya pernah hadir di China pada tahun 2006 hingga tahun 2010. Mereka kemudian memutuskan keluar dari China karena kritik dari pemerintah Amerika Serikat karena dianggap sebagai perpanjangan tangan pemerintah China. (rns/rns)


No comments:

Post a Comment