PBN BERITA HARI INI - BERITA TERBARU & TERKINI

Berita Politik, Ekonomi, Hukum, Kriminal, Olahraga, Sepak Bola, Teknologi, Otomotif, Artis di Indonesia dan Dunia.

LightBlog

05 November 2018

Gempa Hari Ini: Guncang Bengkulu Tengah Malam, 3 Lainnya di Sulawesi

Selain empat gempa bumi yang mengguncang wilayah Sulawesi pada Sabtu (3/11/2018), lindu berkekuatan 5,4 dan mengguncang wilayah Bengkulu pada pukul 22.58 WIB. Hasil pengukuran BMKG menunjukkan pusat gempa ada di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, dengan titik episentrum terletak pada koordinat 3,9 LS dan 101,72 BT, atau sebaliknya di laut pada jarak 60 km Arah barat Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada kedalaman 68 km. 

Menurut BMKG dalam keterangan resminya, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi menengah terhadap aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. "Konvergensi kedua lempeng itu membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan gempabumi yang sangat aktif di daerah Sumatera," tulis BMKG. Hasil analisis gaya menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault). 
Guncangan gempa bumi dirasakan di daerah Kota Bengkulu dengan III - IV MMI, Kepahiang, Mukomuko, Manna dengan III MMI, Sementara Kaur, Empat Lawang, 

Linggau dan Lahat II-III MMI, Sedangkan Liwa II MMI. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak meniru tsunami," imbuh BMKG. Hingga pukul 23.30 WIB, Hasil pemantauan BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (susulan susulan). "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpecahkan oleh masalah yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tukas BMKG. Gempa 4 November 2018 Sementara itu, beberapa jam kemudian gempa mengguncang wilayah Sulawesi lagi. 

Hingga pukul 16.00 WIB, cobalah ada tiga lindu. Gempa yang pertama terjadi pukul 1.30 WIB dengan kekuatan 3,3 mengguncang titik koordinat 1,23 LS dan 119,83 BT. Pusat gempa berada di darat, tepaynya 13 km Barat Pakuli, Gumbasa, kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan adalah penyangga ke Palu dengan II-III. Empat jam kemudian, tepat pukul 5.14 WIB Gempa berkekuatan 4,6 mengguncang titik koordinat 2.88 LS dan 119.43 BT. Pusat gempa juga terjadi di darat 12 km Timur Laut Mamasa dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa menikmati di Mamuju dengan II, kemudian di Toraja dengan III, dan di Mamasa dengan III-IV. Gempa terakhir terjadi pada pukul 8.30 WIB. Gempa berkekuatan 3,2 berpusat di darat 23 km Barat Daya Mamasa dengan kedalaman yang sama, yakni 10 kilometer. Gempa ini menikmati di Mamuju dengan II.

No comments:

Post a Comment