ASIAGOL alterbatif  resmi Blog sepak bola

SITUS alternatif BLOG resmi asiagol.com

LightBlog

30 July 2018

BMKG: Lombok Memang Rawan Gempa

- Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono menuturkan secara tektonik, Lombok memang kawasan seismik aktif. Lombok berpotensi diguncang gempa karena terletak di antara 2 pembangkit gempa dari selatan dan utara.


Dari selatan terdapat zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Pulau Lombok, sedangkan dari utara terdapat struktur geologi Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrusting).


"Sesar naik ini jalurnya memanjang dari Laut Bali ke timur hingga Laut Flores. Sehingga tidak heran jika Lombok memang rawan gempa karena jalur sesar naik Flores ini sangat dekat dengan Pulau Lombok," kata Daryono dalam siaran persnya, Senin, 30 Juli 2018.



Daryono melanjutkan jika masyarakat memperhatikan peta aktivitas kegempaan atau seismisitas Pulau Lombok, tampak seluruh Pulau Lombok banyak sebaran titik episenter yang artinya memang banyak aktivitas gempa di wilayah ini.

Meskipun kedalaman hiposenternya dan magnitudonya bervariasi, namun tampak jelas wilayah Lombok memang aktif gempa yang bersumber dari subduksi lempeng, Sesar Naik Flores dan sesar lokal di Pulau Lombok dan sekitarnya.


"Dari sebaran seismitas ini pun cukup menjadi dasar untuk mengatakan bahwa Lombok memang rawan gempa," ujarnya.


No comments:

Post a Comment